Saturday, 20 December 2014

GRAMMAR GAME

Check Also :
 



DESKRIPSI PERMAINAN

Game atau permainan yang penulis terapkan dalam proses pembelajaran kali ini adalah GRAMMAR RACING. Game ini sebenarnya mengadopsi permainan kata dan kalimat yang seringkali dipraktekkan dalam kegiatan outbond dan permainan lomba merangkai kalimat atau ayat Al-Qur’an.
Secara rinci penjelasan game yang sudah diadaptasi tersebut diuraikan berikut ini.

1.        Nama Game         : GRAMMAR RACING       

2.        Deskrips               :
Permainan ini merupakan pertandingan antar kelompok dalam menyusun kalimat dari kata-kata acak yang telah disiapkan.

3.        Tujuan:
a. Tujuan Akademik   :  Memperkuat (reinforce) pemahaman siswa tentang Grammar yang telah diajarkan.
b. Tujuan Life Skills    :     - Meningkatkan kerjasama
                                     - Melatih membuat keputusan cepat
                                    - Menumbuhkan persingan sehat
                                    - Menyadari kekurangan diri
                                    - Menghargai kelebihan dan pendapat orang lain

4.        Alokasi Waktu                  : 2 X 45 menit
5.        Tempat                             : Luar Kelas    
6.        Alat dan Bahan   :
a.         Lembar foam (2 lembar), sebagai tempat menempel kartu-kartu kata
b.         Paku pines (thumb nail), untuk menempelkan kartu-kartu kata
c.         Kertas manila, dipotong segi empat + 10 x 4 cm2 sejumlah keperluan, bertuliskan kata-kata yang telah disiapkan
d.        Alat tulis spidol
e.         Stopwatch
f.          Lembar score

7.        Cara Permainan:
a.    Persiapan:
1)        Kartu-kartu dari potongan kertas manila ditulisi dengan kata-kata sesuai dengan kalimat-kalimat yang sudah disiapkan;
2)        2 lembar foam dipasang di tempat yang kokoh.
3)        Kartu-kartu bertuliskan kata-kata disiapkan di ats meja yang diletakkan di samping bawah foam.
b.    Pelaksanaan:
1)   Di awal permainan, guru menjelaskan tata cara permainan dan mengingatkan kepada siswa tentang grammar yang telah dipelajari.
2)    Siswa satu kelas dibagi menjadi 8 kelompok kecil, dan diberinama dengan nama-nama unik seperti: Animal Group, Flower Group, Planet Group, etc. Usahakan jumlah anggota tiap kelompok berjumlah sama.
3)   Masing-masing group diminta untuk menentukan urutan anggota 1 sampai 5 (sesuai jumlah anggota)
4)        Pertandingan antar group dilakukan dengan sistem gugur.
5)        Dua group diundi untuk melakukan pertandingan pertama.
6)        Dua group diminta berbaris dengan jarak yang cukup (kira-kira 5 m) dari foam.
7)    Setelah mendengar aba-aba dari wasit pertandingan (guru) anggota ke-1 kedua group berlari menuju meja dan foam di depannya. Mereka harus bisa menyusun kalimat dari kata-kata yang disediakan dengan cara menempelkan kartu-kartu kata di atas foam. Waktu yang disediakan hanya 1 menit.
8)      Setelah satu menit selesai, anggota ke-2 kedua group mendapat giliran untuk melakukan hal yang sama. Demikian seterusnya sampai seluruh anggota mendapat giliran.
9)    Setelah seluruh anggota group menyelesaikan tugasnya, dilakukan penskoran sebagai berikut: masing-masing kartu dari kalimat yang dinyatakan benar secara grammatical mendapat nilai 5. Sedangkan kartu yang salah atau yang menyebabkan kalimat menjadi salah diberi nilai -2 (minus 2).
10) Pemenangnya adalah group dengan nilai yang lebih tinggi. Group pemenang masuk babak berikutnya. Group yang kalah tereliminasi dan menjadi supporter saja.
11)  Begitu seterusnya permainan ini dilakukan oleh semua group hingga akhirnya mendapatkan 2 regu di babak final.
12)    Babak final dilakukan berbeda dengan babak penyisihan. Dua group finalis diminta untuk maju ke depan foam dan diberi waktu 5 menit untuk menyusun kamilat dari kartu kata yang telah disiapkan. Agar lebih menarik juri (guru) dapat menambahkan beberapa kartu kata baru.
13)   Pemenang akhir ditentukan dengan penskoran seperti babak terdahulu. Group dengan skor lebih tinggi menjadi juara.
14)    Catatan: setiap selesai satu babak pertandingan hasil penyusunan kalimat dibahas agar diketahui letak kesalahannya. Dengan demikian yang terjadi adalah di babak selanjutnya peserta akan bisa membuat kalimat yang makin baik dan makin baik.
SELAMAT MENCOBA....!

Check Also :

No comments: