Check Also :
- HOW TO WRITE A FAIRY TALE
- HOW TO WRITE A GOOD PARAGRAPH
- ENGLISH PREMIER (A Practical Guide for Translator)...
- Irregular Verb
- TOEFL SeCrEt
- TIPS FOR ESSAY WRITING
- Basic English Conversation Part 7
DESKRIPSI PERMAINAN
Game atau permainan yang penulis terapkan dalam
proses pembelajaran kali ini adalah GRAMMAR RACING. Game ini sebenarnya
mengadopsi permainan kata dan kalimat yang seringkali dipraktekkan dalam
kegiatan outbond dan permainan lomba
merangkai kalimat atau ayat Al-Qur’an.
Secara rinci penjelasan game yang sudah diadaptasi
tersebut diuraikan berikut ini.
1.
Nama
Game : GRAMMAR RACING
2.
Deskrips :
Permainan ini merupakan pertandingan antar
kelompok dalam menyusun kalimat dari kata-kata acak yang telah disiapkan.
3.
Tujuan:
a. Tujuan Akademik : Memperkuat (reinforce) pemahaman siswa
tentang Grammar yang telah diajarkan.
b. Tujuan Life Skills : -
Meningkatkan kerjasama
- Melatih membuat keputusan cepat
- Menumbuhkan persingan sehat
- Menyadari kekurangan diri
- Menghargai kelebihan dan pendapat orang lain
4.
Alokasi
Waktu :
2 X 45 menit
5.
Tempat : Luar Kelas
6.
Alat
dan Bahan :
a.
Lembar
foam (2 lembar), sebagai tempat menempel kartu-kartu kata
b.
Paku
pines (thumb nail), untuk menempelkan kartu-kartu kata
c.
Kertas
manila, dipotong segi empat + 10 x 4 cm2 sejumlah keperluan, bertuliskan
kata-kata yang telah disiapkan
d.
Alat tulis spidol
e.
Stopwatch
f.
Lembar score
7.
Cara Permainan:
a.
Persiapan:
1)
Kartu-kartu
dari potongan kertas manila ditulisi dengan kata-kata sesuai dengan
kalimat-kalimat yang sudah disiapkan;
2)
2
lembar foam dipasang di tempat yang kokoh.
3)
Kartu-kartu
bertuliskan kata-kata disiapkan di ats meja yang diletakkan di samping bawah
foam.
b. Pelaksanaan:
1) Di
awal permainan, guru menjelaskan tata cara permainan dan mengingatkan kepada
siswa tentang grammar yang telah dipelajari.
2) Siswa
satu kelas dibagi menjadi 8 kelompok kecil, dan diberinama dengan nama-nama
unik seperti: Animal Group, Flower Group, Planet Group, etc. Usahakan jumlah
anggota tiap kelompok berjumlah sama.
3) Masing-masing
group diminta untuk menentukan urutan anggota 1 sampai 5 (sesuai jumlah
anggota)
4)
Pertandingan
antar group dilakukan dengan sistem gugur.
5)
Dua
group diundi untuk melakukan pertandingan pertama.
6)
Dua
group diminta berbaris dengan jarak yang cukup (kira-kira 5 m) dari foam.
7) Setelah
mendengar aba-aba dari wasit pertandingan (guru) anggota ke-1 kedua group
berlari menuju meja dan foam di depannya. Mereka harus bisa menyusun kalimat
dari kata-kata yang disediakan dengan cara menempelkan kartu-kartu kata di atas
foam. Waktu yang disediakan hanya 1 menit.
8) Setelah
satu menit selesai, anggota ke-2 kedua group mendapat giliran untuk melakukan
hal yang sama. Demikian seterusnya sampai seluruh anggota mendapat giliran.
9) Setelah
seluruh anggota group menyelesaikan tugasnya, dilakukan penskoran sebagai
berikut: masing-masing kartu dari kalimat yang dinyatakan benar secara
grammatical mendapat nilai 5. Sedangkan kartu yang salah atau yang menyebabkan
kalimat menjadi salah diberi nilai -2 (minus 2).
10) Pemenangnya adalah group dengan nilai yang
lebih tinggi. Group pemenang masuk babak berikutnya. Group yang kalah
tereliminasi dan menjadi supporter saja.
11) Begitu seterusnya permainan ini dilakukan
oleh semua group hingga akhirnya mendapatkan 2 regu di babak final.
12) Babak final dilakukan berbeda dengan babak
penyisihan. Dua group finalis diminta untuk maju ke depan foam dan diberi waktu
5 menit untuk menyusun kamilat dari kartu kata yang telah disiapkan. Agar lebih
menarik juri (guru) dapat menambahkan beberapa kartu kata baru.
13) Pemenang akhir ditentukan dengan penskoran
seperti babak terdahulu. Group dengan skor lebih tinggi menjadi juara.
14) Catatan: setiap selesai satu babak
pertandingan hasil penyusunan kalimat dibahas agar diketahui letak
kesalahannya. Dengan demikian yang terjadi adalah di babak selanjutnya peserta
akan bisa membuat kalimat yang makin baik dan makin baik.
SELAMAT MENCOBA....!
Check Also :
- Improving Students Vocabulary Using Mind Mapping
- 200 Word in Daily Conversation
- English Proverb Part I
- Student Dictionary
- Mr. Mike Daily Expression Part VI
- 400 Must Have Words For The TOEFL
- Forbidden and Taboo Words
- Symbol, Grammatical Marks and Notation
- Word Stress
- English Expression (GaP Filler, Opinion,Advice) Pa...
- American Idioms Part I
- Mr. Mike Daily Expression Part IV
- Mr. Mike Expression Part III
- Mr. Mike Daily Expression Part II
- Mr. Mike Daily Expression Part I
- HOW TO MASTER ENGLISH FASTER
- Abbreviations & Word Types
- DIALOGUE/STORY AND QUESTION
- Idiom Dictionary
- Keterampilan Mengajar
- ## BELAJAR BAHASA INGGRIS DALAM OTAK ##
No comments:
Post a Comment