RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : ..........................
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: VII / Ganjil
Tema/Sub
Tema : How are You?/Greeting and Taking Leave
Alokasi
Waktu : 6x35 Menit
A. KOMPETENSI DASAR
1.
Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional .
2.1 Menghargai
prilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan
guru dan teman .
2.2 Menghargai
prilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
2.3 Menghargai
prilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.1. Memahami teks lisan berupa sapaan dan
pamitan, serta responnya.
4.1 Menyusun teks lisan untuk mengucapkan dan merespon sapaan dan
pamitan dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
B. INDIKATOR PENCAPAIN
KOMPETENSI
1. Menunjukkan
motivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.
2. Menunjukkan
prilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi (menyapa dan berpamitan
dalam bahasa Inggris) antar pribadi
dengan guru dan teman.
3. Memperlihatkan
prilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan
teman.
4. Mengidentifikasi
ungkapan yang digunakan untuk menyapa dan berpamitan dalam bahasa Inggris (greet and take leave).
5. Melakukan
tindak tutur menyapa dan berpamitan dalam bahasa Inggris dengan santun dan
percaya diri.
6. Melakukan
percakapan interpersonal dengan
menggunakan ungkapan sapaan melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan
berbicara bahasa Inggris.
7. Melakukan percakapan interpersonal
dengan menggunakan ungkapan berpamitan melalui kegiatan terintegrasi
menyimak-berbicara bahasa Inggris dengan percaya diri.
C. MATERI AJAR
1. Ungkapan
sapaan: Hello/Hi, How are you?, How’s life?,How do you feel
today? Fine, thank you and you? Good morning/afternoon/evening/night.
Nice to meet you, See you later, Have a
nice dream, Good bye, Take care.
2. Ungkapan
pamitan: see you _____, good bye ____,see
you later, see you next meeting
3.
Kosakata yang berhubungan dengan aktivitas sapaan dan pamitan: thank you, I am fine, thanks, nice to meet
you too, see you, so long you...
4. Fungsi Sosial :
Menyadari pentingnya penggunaan
sapaan dan pamitan untuk menjalin
hubungan antar manusia.
5. Struktur Teks :
(Ungkapan
hafalan, tidak perlu dijelaskan dalam tata bahasanya)
§ How are you today calss? Good morning everyone. See you tomorrow morning students., etc
§ In the
morning, at noon, in the afternoon, in the evening, etc.
6. Unsur Kebahasaan
§ Kata terkait sapaan dan pamitan
§ Kata kerja dalam Simple Present Tense: Be, Have, Verb
1 s/es, etc
§ Kata Tanya Who/how?
§ Kata Ganti I, she, etc.
§ Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan
yang rapi.
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru masuk ke kelas dan langsung
menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat
langsung tercipta di pertemuan pertama. (Guru
dapat menggunakan kaliamat “Good morning, students, etc”).
§ Guru bertanya
ke beberapa anak secara
individual untuk
memastikan bahwa peserta didik dapat
merespon perkataan guru.
§ Memberi motivasi pada
siswa(question and answer).
§ Menjelaskan opic
diskusi/pembelajaran.
|
20 Menit
|
Inti
|
Observing
(Mengamati)
§ Guru meminta siswa mengamati
contoh ungkapan sapaan dan pamitan
§ Guru menjelaskan bahan ungkapan
yang dapat disampaikan ketika menyapa (menanyakan
kabar tentang seseorang) dan berpamitan.
Questioning (Mempertanyakan)
§ Berdasarkan contoh ungkapan yang diamati tersebut,
guru menanyakan kembali ungkapan sapaan (good morning, good afternoon, how are
you...) dan ungkapan berpamitan (good bye, see you, dll).
§ Siswa bertanya jawab tentang menanyakan
kabar dan saling menyapa dan menjawab kemudian berpamitan.
Experimenting (Mengekplorasi)
§ Masing-masing siswa mempraktekkan cara menyapa dan membalas sapaan tentang
orang-orang yang ada di sekitarnya (teman sekelas).
§ Guru mengenalkan ragam ungkapan-ungkapan salam baik
dalam situasi formal maupun situasi informal.
§ Siswa menuliskan nama orang-orang
yang disapa yang dijumpai di lingkungan sekolah atau lingkungan sekitar
Associating (Menalar)
§ Siswa menuliskannama dan tempat orang yang mereka sapa pada pagi hari ini dengan teman sekelompoknya.
§ Siswa bekerja dalam kelompok, dan guru memonitor pekerjaan siswa
menggunakan lembar pengamatan.
Networking (Mengkomunikasikan)
§ Siswa secara bergantian mempraktekkan percakapan yang telah dibuat.
§ Siswa mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas
§ Guru mengamati kemampuan siswa
menggunakan ungkapan dalam sapaan dan pamitan serta ketepatan pelafalan kosakata
serta kalimat (pronunciation)
|
60 Menit
|
Penutup
|
§ Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana
perasaannya (REFLEKSI)
§
Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah
memahami topik tentang “Greeting and Taking Leave”
§
Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini
§
Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan
untuk penilaian projek
|
30 Menit
|
PERTEMUAN
2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
§ Guru
masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English
Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
§ Guru
dapat menggunakan kaliamat “Good morning, students”.
§ Pastikan
peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/
Sir/Mam”.
§ Jika
peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
§ Jika
memungkinkan, guru dapat bertanya
ke beberapa anak secara individual
untuk
memastikan
bahwa peserta didik
dapat merespon perkataan guru.
|
20 Menit
|
Inti
|
Observing
(Mengamati)
§ Guru
menjelaskan bahan ungkapan yang dapat disampaikan ketika menanyakan kabar
tentang seseorang adalah “How are you?”
§ Saat
ini pertanyaan “How are you?” terbiasa dijawab dengan kata-kata “I’m
fine, thank you." "What about you?", "What about
yourself?", atau "And yourself?"
§ Oleh
karena itu, diperkenalkan bahwa pertanyaan “How are you?” dapat
dijawab dengan “I’m feeling great.”
Questioning (Mempertanyakan)
§ Berdasarkan gambar
guru menanyakan kabar kepada beberapa siswa
§ Siswa bertanya jawab dengan teman kelompoknya tentang menanyakan kabar
Experimenting (Mengekplorasi)
§ Guru Menjelaskan beberapa ungkapan yang
sesuai dengan materi
§ peserta didik mengulang-ulang
pengucapan “How are you?” hingga pengucapannya benar.
§ Masing-masing kelompok mempraktekkan
dialog secara berpasanganPeserta
didik berlatih melakukan percakapan bersama rekan sebangkunya
§ Siswa berlatih menanyakan
perasaan atau keadaan beberapa teman kelas dengan menggunakan format yang
tersedia.
Associating (Menalar)
§ Siswa menuliskan nama dan perasaan teman-temanya dalam satu
kelompok dengan menggunakan format yang tersedia
§ Siswa secara berkelompok membuat percakapan singkat tentang menanyakan
kabar
§ Siswa bekerja dalam kelompok, dan guru memonitor pekerjaan siswa
menggunakan lembar pengamatan
Networking (Mengkomunikasikan)
§ Siswa secara bergantian mempraktekkan percakapan yang telah dibuat.
§ Siswa mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas
§ Guru mengamati kemampuan siswa menggunakan ungkapan dalam sapaan
dan pamitan serta ketepatan pelafalan kosakata
serta kalimat(pronunciation)
|
60 Menit
|
Penutup
|
§ Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan
ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI)
§ Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa
sudah memahami topik tentang “Greeting and Introduction”
§ Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada
pertemuan ini
§ Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu
depan untuk penilaian projek
|
30 Menit
|
E. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
§ Buku
Paket
§ Gambar-gambar
yang relevan
§ Script
Percakapan
F. PENILAIAN PROSES DAN
HASIL BELAJAR
a. Sikap :
observasi, penilaian
diri, teman sejawat menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale)
yang disertai rubric
Instrumen Penilaian Sikap
No
|
Sikap yang diamati yang dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
||||||
1
|
Serius dalam menerima pelajaran
|
||||||||
2
|
Bertanggungjawab dan teliti dalam
menjalankan tugas
|
||||||||
3
|
Santun terhadap guru (menghargai)
|
||||||||
4
|
Menghargai teman
|
||||||||
5
|
Aktif berperan serta dalam proses PBM
|
||||||||
§ 4 = Sangat
Baik
|
§ 3 = Baik
|
§ 2 = Cukup
|
§ 1 = Kurang
|
||||||
b. Pengetahuan
Lisan, tulisan & penugasan (proyek)
Penilaian Speaking
(Presentation)
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Pengucapan
|
§ Aksen penutur asli
§ Aksen tertentu
§ Aksen kurang sempurna
§ Aksen Salah
|
4
3
2
1
|
2
|
Kelancaran
|
§ Sangat lancar seperti penutur asli
§ Lancar
§ Kurang Lancar
§ Tidak Lancar
|
4
3
2
1
|
3
|
Pemahaman
|
§ Memahami Tanpa Kesulitan
§ Memahami Sebagian Besar
§ Kurang Memaham
§ Tidak memahami
|
4
3
2
1
|
c. Keterampilan
§ Unjuk kerja/Praktik
§ Penilaian proses dimulai
sejak kegiatan mengamati, mempertanyakan, mengeksplorasi, mengasosiasikan, mengkomunikasikan selama dilaksanakan
kegiatan pembelajaran.
Instrumen Penilaian Keterampilan
No
|
Keterampilan yang diamati
dan dinilai
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Aspek Proses
|
|||||
§ Mengamati keadaan di sekelilingnya
|
||||||
§ Mengajukan pertanyaan pada guru dan teman
sekelasnya
|
||||||
2.
|
Aspek Abstrak
|
|||||
§ Mencoba menyapa, pamitan dan menanyakan kabar
|
||||||
3.
|
Aspek Konkrit
|
|||||
§ Mengisi chart kosong
|
||||||
§ Merangkai kalimat pendek dan sederhana
|
||||||
§ Mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas
|
Kriteria:
4 : Terlibat aktif dari awal sampai akhir
pembelajaran
3 :
Terlibat aktif hanya pada bagian-bagian
tertentu
2 :
Terlibat namun pasif
1 :
Tidak terlibat bahkan mengganggu PBM
PEDOMAN
PENILAIAN
Nilai
Siswa =
Mengetahui
:
Kepala.........................
BAHARUDDIN P, S.Pd
NIP.
19551231 198411 1 043
|
...............................2014
Guru
Mapel Bahasa Inggris
HARMOKO, S.Pd
NIP.
..........................
|
No comments:
Post a Comment