Sunday, 9 November 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KELAS 7 BAHASA INGGRIS


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Satuan Pendidikan         : ..........................
Mata Pelajaran     : Bahasa Inggris

Kelas/Semester             : VII / Ganjil

Tema/Sub Tema            : How are You?/Greeting and Taking Leave

Alokasi Waktu      : 6x35 Menit



A. KOMPETENSI DASAR

1.     Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional .

2.1  Menghargai prilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman .

2.2  Menghargai prilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi  transaksional dengan guru dan teman.

2.3  Menghargai prilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.

3.1.  Memahami teks lisan berupa sapaan dan pamitan, serta responnya.

4.1           Menyusun teks lisan untuk mengucapkan dan merespon sapaan dan pamitan dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

B. INDIKATOR PENCAPAIN KOMPETENSI

1.  Menunjukkan motivasi untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris.

2.  Menunjukkan prilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi (menyapa dan berpamitan dalam bahasa Inggris)  antar pribadi dengan guru dan teman.

3.  Memperlihatkan prilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi  transaksional dengan guru dan teman.

4.  Mengidentifikasi ungkapan yang digunakan untuk menyapa dan berpamitan dalam bahasa Inggris (greet and take leave).

5.  Melakukan tindak tutur menyapa dan berpamitan dalam bahasa Inggris dengan santun dan percaya diri.

6.  Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan sapaan melalui kegiatan terintegrasi menyimak dan berbicara bahasa Inggris.

7.  Melakukan percakapan interpersonal dengan menggunakan ungkapan berpamitan melalui kegiatan terintegrasi menyimak-berbicara bahasa Inggris dengan percaya diri.

C. MATERI AJAR

1.  Ungkapan sapaan: Hello/Hi,  How are you?, How’s life?,How do you feel today? Fine, thank you and you? Good morning/afternoon/evening/night.

     Nice to meet you, See you later, Have a nice dream, Good bye, Take care.

2.  Ungkapan pamitan: see you _____, good bye ____,see you later, see you next meeting

3.  Kosakata yang berhubungan dengan aktivitas sapaan dan pamitan: thank you, I am fine, thanks, nice to meet you too, see you, so long you...

4.  Fungsi Sosial :

Menyadari pentingnya penggunaan sapaan dan pamitan untuk menjalin hubungan antar manusia.

5.  Struktur Teks :

    (Ungkapan hafalan, tidak perlu dijelaskan dalam tata bahasanya)

§          How are you today calss? Good morning everyone. See you tomorrow morning students., etc

§          In the morning, at noon, in the afternoon, in the evening, etc.

6.  Unsur Kebahasaan

§  Kata terkait sapaan dan pamitan

§  Kata kerja dalam Simple Present Tense: Be, Have, Verb 1 s/es, etc

§  Kata Tanya  Who/how?

§  Kata Ganti I, she, etc.

§  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tulisan tangan yang rapi.

D. KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN 1

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§ Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama. (Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning, students, etc).
§ Guru bertanyake beberapa anak secara individual untukmemastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.
§ Memberi motivasi pada siswa(question and answer).
§ Menjelaskan opic diskusi/pembelajaran.
20 Menit
Inti
Observing (Mengamati)
§ Guru meminta siswa mengamati contoh ungkapan sapaan dan pamitan
§ Guru menjelaskan bahan ungkapan yang dapat disampaikan ketika menyapa (menanyakan kabar tentang seseorang) dan berpamitan.
Questioning (Mempertanyakan)
§ Berdasarkan contoh ungkapan yang diamati tersebut, guru menanyakan kembali ungkapan sapaan (good morning, good afternoon, how are you...) dan ungkapan berpamitan (good bye, see you, dll).
§ Siswa bertanya jawab tentang menanyakan kabar dan saling menyapa dan menjawab kemudian berpamitan.
Experimenting (Mengekplorasi)
§ Masing-masing siswa mempraktekkan cara menyapa dan membalas sapaan tentang orang-orang yang ada di sekitarnya (teman sekelas).
§ Guru mengenalkan ragam ungkapan-ungkapan salam baik dalam situasi formal maupun situasi informal.
§ Siswa menuliskan nama orang-orang yang disapa yang dijumpai di lingkungan sekolah atau lingkungan sekitar 
Associating (Menalar)
§ Siswa menuliskannama dan tempat orang yang mereka sapa pada pagi hari ini dengan teman sekelompoknya.
§ Siswa bekerja dalam kelompok, dan guru memonitor pekerjaan siswa menggunakan lembar pengamatan.
Networking (Mengkomunikasikan)
§ Siswa secara bergantian mempraktekkan percakapan yang telah dibuat.
§ Siswa mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas
§ Guru mengamati kemampuan siswa menggunakan ungkapan dalam sapaan dan pamitan serta ketepatan pelafalan kosakata serta kalimat (pronunciation)
60 Menit
Penutup
§ Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI)
§ Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang “Greeting and Taking Leave”
§ Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini
§ Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek
30 Menit

PERTEMUAN 2

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
§ Guru masuk ke kelas dan langsung menyapa menggunakan bahasa Inggris agar English Environment dapat langsung tercipta di pertemuan pertama.
§ Guru dapat menggunakan kaliamat “Good morning, students”.
§ Pastikan peserta didik merespon dengan menjawab kembali “Good morning, Teacher/ Sir/Mam”.
§ Jika peserta didik belum merespon, jangan dulu melanjutkan pelajaran.
§ Jika memungkinkan, guru dapat bertanyake beberapa anak secara individual untukmemastikan bahwa peserta didik dapat merespon perkataan guru.
20 Menit
Inti
Observing (Mengamati)
§ Guru menjelaskan bahan ungkapan yang dapat disampaikan ketika menanyakan kabar tentang seseorang adalah “How are you?”
§ Saat ini pertanyaan “How are you?” terbiasa dijawab dengan kata-kata “I’m fine, thank you." "What about you?", "What about yourself?", atau "And yourself?"
§ Oleh karena itu, diperkenalkan bahwa pertanyaan “How are you?” dapat dijawab dengan “I’m feeling great.”
Questioning (Mempertanyakan)
§ Berdasarkan gambar guru menanyakan kabar kepada beberapa siswa
§ Siswa bertanya jawab dengan teman kelompoknya tentang menanyakan kabar
Experimenting (Mengekplorasi)
§ Guru Menjelaskan beberapa ungkapan yang sesuai dengan materi
§ peserta didik mengulang-ulang pengucapan “How are you?” hingga pengucapannya benar.
§ Masing-masing kelompok mempraktekkan  dialog secara berpasanganPeserta didik berlatih melakukan percakapan bersama rekan sebangkunya
§ Siswa berlatih menanyakan perasaan atau keadaan beberapa teman kelas dengan menggunakan format yang tersedia.
Associating (Menalar)
§ Siswa menuliskan nama dan perasaan teman-temanya dalam satu kelompok dengan menggunakan format yang tersedia
§ Siswa secara berkelompok membuat percakapan singkat tentang menanyakan kabar
§ Siswa bekerja dalam kelompok, dan guru memonitor pekerjaan siswa menggunakan lembar pengamatan
Networking (Mengkomunikasikan)
§ Siswa secara bergantian mempraktekkan percakapan yang telah dibuat.
§ Siswa mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas
§ Guru mengamati kemampuan siswa menggunakan ungkapan dalam sapaan dan pamitan serta ketepatan pelafalan kosakata serta kalimat(pronunciation)
60 Menit
Penutup
§ Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, siswa ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI)
§ Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami topik tentang “Greeting and Introduction”
§ Siswa diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini
§ Siswa diberi tugas kelompok untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian projek
30 Menit

E. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

§  Buku Paket

§  Gambar-gambar yang relevan

§  Script Percakapan

F.  PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

a.  Sikap :

observasi, penilaian diri, teman sejawat  menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubric

Instrumen Penilaian Sikap

No
Sikap yang diamati yang dinilai
Skor
Keterangan
4
3
2
1
1
Serius dalam menerima pelajaran





2
Bertanggungjawab dan teliti dalam menjalankan tugas





3
Santun terhadap guru (menghargai)





4
Menghargai teman





5
Aktif berperan serta dalam proses PBM





§  4  = Sangat Baik
§  3  = Baik
§  2  = Cukup
§  1  = Kurang













b.  Pengetahuan

Lisan, tulisan & penugasan (proyek)

Penilaian Speaking (Presentation)

No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Pengucapan
§  Aksen penutur asli
§  Aksen tertentu
§  Aksen kurang sempurna
§  Aksen Salah
4
3
2
1
2
Kelancaran
§  Sangat lancar seperti penutur asli
§  Lancar
§  Kurang Lancar
§  Tidak Lancar
4
3
2
1
3
Pemahaman
§  Memahami Tanpa Kesulitan
§  Memahami Sebagian Besar
§  Kurang Memaham
§  Tidak memahami
4
3
2
1

c.  Keterampilan

§  Unjuk kerja/Praktik

§  Penilaian proses dimulai sejak kegiatan mengamati, mempertanyakan, mengeksplorasi, mengasosiasikan,  mengkomunikasikan selama dilaksanakan kegiatan pembelajaran.

Instrumen Penilaian Keterampilan

No
Keterampilan yang diamati  dan dinilai
Skor
Keterangan
4
3
2
1
1.
Aspek Proses





§  Mengamati keadaan di sekelilingnya





§  Mengajukan pertanyaan pada guru dan teman sekelasnya





2.
Aspek Abstrak





§  Mencoba menyapa, pamitan dan menanyakan kabar





3.
Aspek Konkrit





§  Mengisi chart kosong





§  Merangkai kalimat pendek dan sederhana





§  Mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas






Kriteria:

4    :   Terlibat aktif dari awal sampai akhir pembelajaran

3    :   Terlibat aktif hanya pada bagian-bagian tertentu

2    :   Terlibat namun pasif

1    :   Tidak terlibat bahkan mengganggu PBM

PEDOMAN PENILAIAN

        Nilai Siswa =




Mengetahui :
Kepala.........................
                                   


BAHARUDDIN P, S.Pd
NIP. 19551231 198411 1 043

...............................2014



Guru Mapel Bahasa Inggris



HARMOKO, S.Pd
NIP. ..........................








No comments: